Wednesday, December 3, 2014

Event Cosplay Yang Menentang Sejarah Indonesia

Bissmillahirohmanirrohim... | Melawan LUPA


Pada era saat ini, siapa yang tidak mengenal Cosplay? terutama bagi remaja Indonesia. Cosplay sebenarnya lebih mirip dengan pesta kostum, selain mengenakan kostum juga memeragakan atau memerankan sesuia tokoh yang di kenakannya.

Pada suatu saat yang berlalu, aku dan kawan-kawan menghadiri event cosplay di tempat yang dapat diakatakan babat alas di daerah tersebut, pengunjungnya sangat banyak dan ini penganalam pertama bagi saya. Tidak seperti event-event cozu biasanya yang diadakan di tempat-tempat yang ramai seperti mall, atau taman kota sejenisnya.

Acara tersebut di laksanakan seharian, semakin lama peserta cosplay semakin banyak dan ramai begitu juga dengan pengunjung. berbagai lomba di laksanakan, namun setelah saya shalat duhur agak telat sekitar hampir mendekati waktu ashar, di ujung tempat yang masih rimbun terdapat sosok yang menurutku mengerikan. Awalnya saya kira dia adalah peserta cosplay yang sedang melakukan fotografi seperti yang di lakukan cosplayer, namun anehnya sosok tersebut sendirian bahkan peserta cosplayer lainya yang lewat tak menghiraukannya, menurutku ini ada yang tidak beres.

Ternyata benar dugaanku, sosok tersebut bukanlah peserta cosplayer atau apapun. berambut panjang dengan pakaian yang mencolok, celana pendek putih, lembaran kain selebar perban menutupi sebagain tubuhnya. Dengan wajah muramnya, Ku mencoba berkomunikasi dengan posisi duduk. dan lagi-lagi bahasa jawa yang dilontarkan.

"Saya tidak tahu keinginan anak- anak zaman sekarang, begitu ceria, begitu senang, begitu mulyanya dengan acara seperti ini, ini acara mencintai jepang bukan? andai saja mereka hidup di zamanku mereka pasti tidak akan seceria ini....

"anak-anak yang ada di sini pastinya menangis darah... ucapnya sambil berjalan di arah yang sama, kekanan- dan kekiri, setelah diamati ternyata sosok tersebut seorang pria dengan tubuh yang kurus

"teman-temanku semua di perkejakan, tidak di beri makan, bahkan minum harus menjilat keringat sendiri, dengan pengawasan yang ketat kerja pagi siang sore malam.

"hingga akhirnya saya merencanakan untuk kabur bersama, saat melarikan diri kondisi teman-teman saya yang begitu lemah akhirnya terjatuh, mereka tertangkap,tidak di rawat justru di kumpulkan dan di aniya hingga tewas. saat itu saya sebelum di masukan ke pekerja kasar oleh jepang, saya dalam perjalanan penyempurnaan manunggaling wit, sehingga saat itu saya saja yang lolos karena tubuhku menggabungkan dengan pohon di sebelah sana..

"Tapi sial! teman seperguruanku yang di pekerjakan oleh jepang sebagai sipil pencatat memberitahu tentara jepang untuk menembak seluruh pohon di sekitar sini....

"Pekerja tinggal sedikit, lagi lagi terulang lagi. remaja yang belum menikah dan memiliki saudara perempuan di paksa kerja sedangkan saudara perempuannya dipaksa sebagai pemuas nafsu tentara. dan mereka yang memiliki istri juga dipaksa untuk melayani nafsu tentara jepang.

"ini situasi buruk! para pemuda seperti ini lebih mencintai budaya yang telah menghancurkan peradaban leluhurnya, seharusnya mereka lebih waspada dan dampaknya. hal seperti ini (menurutku sih anime, cosplay, game) hanya siasat kaisar jepang untuk mengahapus ingatans sejarah buruk, kebencian terhadap jepang kepada keturunan yang di jajahnya!

"mungkin ini juga terjadi di tempat yang pernah di jajah jepang, betapa susahnya untuk menghela nafas hidup dizaman jepang cok!! (aku terkaget sosok ini misuh dengan nada yang mengagetkan)

"indonesia udah merdeka cak, bahkan bung karnomu istri terakhirnya perempuan jepang...

"saya tidak tahu urusan sang raja (bung karno), Merdeka apanya, lihat jepang sudah memasukan budayanya ke kerajaan ini, nanti lihat usaha jepang juga ada disini, nanti lihat orang indonesia akan menjadi pembantu saja. silahkan potong lidah saya kalau tidak terjadi... setelah itu sosok tersebut pergi dan menghilang

yaps, dari percakapan tersebut sangat wajar apabila terdapat emosi yang tidak terkendali. nyatanya memang benar adanya. kita telah di bius oleh anime, musik, film, gaya hidup dan lain- lain oleh jepang. bukan hanya indonesia melainkan juga negara lain.

investasi dari jepang di Indonesia kian marak, dan yang ada kita hanya jadi buruh meski hal ini memperbaiki perekonomian warga sekitar. motor apa yang kamu gunakan? di indonesia 97% made in nihon. bahkan di jakarta, kereta api masih ada yang mengimpor kereta bekas dari japan. remaja indonesia kini lebih suka belajar bahas jepang, nyatanya.
 menurutku hal tersebut sebuah renungan saja :)



No comments:

Post a Comment

html reog ponorogo kesenian {B}asli{I}indonesia{A}

dwonload lagu terbaru?

iklan 2

Followers