Monday, June 8, 2015

3 Gambar Krakap Terpopuler Pada Reyog



Apa itu Krakap? Krakap adalah tempat dimana biasanya terdapat tulisan nama group reog sebagai identitasnya yang terbuat dari monte yang disusun rapi dengan cara di sulam, Bukan hanya tulisan melainkan motif batik kawung, Gambar Lambang tepat diatas pada kepala singa barong selalu yang diapit gambar sepasang binatang (biasanya gambar Naga, Harimau, Singa, dan Burung Merak).


1.      Garuda Pancasila sebanyak 80%
Sangat banyak Krakap dengan desain Garuda Pancasila yang merupakan Lambang Negara Kasatuan Republik Indonesia. Hal itu dikarenakan sebagai bukti bahwa Reyog lazimnya miliki rasa ke lima sila tersebut pada seniman Reyog dan bakti warga Ponorogo kepada Indonesia, sering kali Reyog yang tampil di luar negeri


2.      Gapura Berundak sebanyak 15%
Gapura Berundak merupakan cirri khas candi-candi khas Jawa Timur yang merupakan peninggalan Majapahit. Selain itu Candi yang biasa di sebut candi bentar ini juga di gunakan sebagai Lambang kesatuan Provinsi Jawa Timur dan Lambang Kesatuan dari kota – Kota di Jawa Timur, Terutama Ponorogo.
Selain itu membuktikan bahwa pada era Maapahit, Warok dari Wengker yang sebagai Prajurit Inti turut menggapai cita – cita Majapahit yang menyatukan seluruh Nusantara, Bukan Menguasai .


3.      Bintang Segi Lima 5%
Gambar Bintang diambil dari sila pertama berarti Ketuhanan yang maha Esa, dimana Tiap warga Negara Indonesia harus memiliki satu keyakinan beragama. Namun Lambang Bintang saat ini sudah tidak popular bahkan Baru.
               Semenjak Klaim Reyog oleh Malaysia dengan nama barongan, banyak pengrajin Krakap yang mendapatkan pesanan mengerjakan lambang Garuda Pancasila dari pada Gapura dan Bintang, Bahkan kini Lambang Bintang hanya ada pada Group Reyog yang masih mempertahankan Krakap yang lama tersebut.
Terutama di luar negeri Seluruh Group Reyog menggunakan lambang Garuda Indonesia, dari Reog yang ada di Amerika Serikat, Korea, Taiwan, Jepang, Daratan Eropa, Kapal TNI AL Dewa Ruci maupun milik TNI AD di bawah naungan NKRI dan Unesco.

 
Reog Singo Lodoyo Washiton Dc Amerika Serikat dengan lambang Garuda Pancasil dan Gapura pada krakapnya

              Berbeda lagi yang ada di Malaysia, Seluruh group Reog di Malaysia tidak ada satu pun yang menggunakan lambang Garuda Pancasila, walaupun Produk Reog milik Malaysia termasuk kategori baru dan dari pengrajin Ponorogo. Reog di Malaysia lebih memilih lambang Gapura atau mengganti krakap mereka dengan Polosan dan memodifikasi seperti lambang kerajaan Malaysia.

              Mungkin harus TKI lagi atau Kedebus Indonesia untuk malaysia yang membuat Reyog dengan krakap lambang Garuda Pancasila di Semanjung Melayu tersebut.
Dadak Merak Malaysia yang menggunakan Lambang Gapura

No comments:

Post a Comment

html reog ponorogo kesenian {B}asli{I}indonesia{A}

dwonload lagu terbaru?

iklan 2

Followers