Sunday, March 16, 2014

Aku Dan Sepeda Piet Onthel

 بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Pada Awalnya, saya tidak pernah diajarkan untuk menyukai Sepeda Onthel. namun karena Orang tua yang mengajarkan secara tidak langsung istilahnya memberikan contoh walaupun tidak menyuruh anaknya untuk menyukai barang tua tersebut.
Artikel "Tentang Aku" berisi tentang pengalaman hidupku yang sebenarnya ingin kutulis sejak dahulu.

ku mengenal sepeda saat masih kecil di jakarta, sepeda roda tiga dengan brand familly, kala itu yang memiliki sepeda roda tiga di sebuah kampung hanya dari keluargaku, jadi banyak yang meminjam untuk menyenangkan anakanya se-usiaku. ketika setelah krisis moneter era pak Harto, aku dan sekeluarga pindah ke tempat asal saya, Magetan.

Memoriku masih ingat, sebelum menuju ke Magetan. Aku bersama Ibuku mengunjungi satu persatu tetangga di area perumahan yayasan islam untuk berpamitan, rasa ini begitu berat, begitu juga mereka pun tidak menyangka.

Di Magetan, sepeda familly begitu mewah, entah dari mana istimewanya. anak-anak kecil hingga remaja kala itu ramai-ramai antri untuk meminjam sepeda roda tiga di track jalan bebatuan. ku menempuh Tk di Al-Mutaqin kota Gresik selama satu tahun diantar oleh ayahku dengan menggunakan sepeda Onthel Merk Humber , dan lagi-lagi pindah ke magetan untuk sekolah.

SDN Kalang di jl raya sarangan lah aku belajar, ketika itu jalan di desa saya masih bebatuan ternyata sudah ada teman-teman lama yang belajar sepeda. hingga saat ada pengaspalan jalan ini yang membuat aku baru belajar sepeda, sepeda cewek warna silver yang aku sayangi ku di bimping oleh paman saya dan teman-teman yang besar untuk mampu mengendarai sepeda.

hingga pada suatu hari, ku mengeluarkan sepeda tanpa izin paman aku untuk mencoba sendiri belajarr sepeda, daaan horeeee senangnya hatiku bisa mengendarai sepeda tanpa ada orang yang memegangi sepeda di belakangku. berputar-utar mengelilingi dusun Bungkal, namun saat jalan menurun, aku bingung kenapa lajunya bisa cepat, tidak tahu penge-reman dan akhirnya aku menabrak tanaman sarangan, pagar rumah teman saya. sepontan saja aku nangis hehehehe, dan jadi tontonan. daguku luka hingga membekas saat ini :)

Rasanya Gaya ya tiap hari bersepeda sepulang sekolah, beli ini beli itu pakai sepeda hahahay. namun sepedaku sering juga di pinjam oleh orang-orang. setahun sudah di kelas satu, aku dan adikku di mutasi di Sdn 2 kebomas Gresik dan hanya belajar satu semester saja dan selama itu juga tidak pernah bersepeda.

Lagi-lagi di mutasi ke Sdn 2 sidomoro, kali ini sekolahan di tengah kota Gresik. Di Gresik baru beli sepeda gunung kelas 4 merk Hunter warna ungu, tapi baru 3 bulan di pakai sudah hilang. Sedih rasanya karena merasa tidak bisa menjaga sepeda tersebut yang biasanya aku pakai keliling kota gresik bersama adiku ba'da maghrib dan kembali ke masjid saat isya'.

Alhamdulillah, Ayah dan ibu beri kejutan pada hari minggu. setelah hilanggnya Hunter, aku di belikan Sepeda Gunung Merk Federal Silver. Sepeda ini ku gunakan ke sekolah hingga lulus dari sekolah Adiwiyata Smpn $ Gresik. pernah waktu satu semester sebelum UNAS di beri pinjaman sepeda BMX karya anak ITS oleh Club Guru Gresik, saingannya PGRI. namun menurutku sepeda tersebut tidak layak pakai begitu juga kata tukang tambal ban.

ban dari sepeda BMX bila di pompa selalu kempis, dan di tambal selalu bocor hingga membuat saya pusing. juga stang BMX selalu kocak, namun alhamdulillah ku kembalikan ke sekolah dengan kondisi sehat dan normal.

Berpindah ke Onthel Sepeda Kebo
saat ku diterima di SMK PGRI 1 Gresik, ku menyadari bahwa sepeda Federalku telah memasuki usia pensiun, ku melihat sepeda kebo merk Phoenix lama dengan 2 palang di sebelah parkiran. ku tekatkan diriku ini untuk menggunakannya, dan meminta ayahku di perbaiki di bengkel. warna coklat karat alami malam itu laabur dengan oli, semakin mengilap antiknya.
Onthel mingguan Di Alon-Alon Gresik Kota

hari pertama ku gunakan sepeda kebo dengan rasa bangga dan cuek dengan siapa saja yang melihat. selama setahun sepedaku kugunakan untuk membonceng temanku. hingga pada suatu malam minggu, ku menengok adik-adik didikan tapak suci di perguruan Darul Islam dengan sepeda kebo karena yang ngajar lagi di Jakarta. saat ku melintasi di jalan pahlawan, banyak teriakan yang menyuruh saya berhenti namun ku tetap lanjut saja, namun ku melihat teman saya, sebut saja si lukmen dan ku hentikan sepeda. kulihat ke belakang banyak anak muda dengan sepeda kebo menujuke arah saya, mereka mengajak diriku ini untuk bergabung di komunitas mereka, ku katakaan kalau aku juga temannya si lukmen. ku tinggalkan mereka dan ku janjikan minggu depan untuk bergabung.

malam minggu lagi, ku temui komunitas tersebut di depan perumahan petrokimia dan saat itu juga aku resmi menjadi anggota "Paguyuban Sepeda Kebo Gresik" yang lebih dikenal dengan nama Pasekgres. pengetahuan dan kegiatan positif kudapatkan dari komunitas yang namanya besar hingga se- Indonesia ini.

dan kini, beberapa koleksi Onthel Tua keluargaku seperti:
1 Phoenix Palang Heren Sanghai
1 Humber Dames England
1 Hercules England/India
1 Q 3000 Gudel Japan
1 Bsa Heren England
2 Bsa Dames England

Kawula Muda Selera Tua





No comments:

Post a Comment

html reog ponorogo kesenian {B}asli{I}indonesia{A}

dwonload lagu terbaru?

iklan 2

Followers