dwonload lagu terbaru?

Selasa, 15 Januari 2013

Pencak Macan Lumpur Gresik

Pencak macan adalah sebuah kesenian khas Gresik yang di klaim berasal dari desa Lumpur dan di ciptakan oleh kiai sindujoyo yang sekarang ini namanya diabadikan menjadi sebuah jalan di desa lumpur.

Sejarah
Pencak macan berceritakan kiai sindujoyo saat bertapa di sebuah gua yang di ganggu oleh macan lorek dan macan putih, bukan itu saja, namun juga seekor kera, genderuwo dengan golok besarnya serta bujang ganong tokoh patih dalam seni reog tetapi di Pencak macan di sebut cingur dowo.

Versi lain menceritakan di sebuah desa lumpur dan kroman di datangi sebuah seekor naga yang mengamuk dan akhirnya datanglah seekor macan yang berkelahi dengan naga tersebut hingga kalah. Naga ini biasanya disebut dengan Bajul atau buaya. Disini seekor naga berbentuk topeng cepaplok baruk klinting yang biasanya di pentaskan pada seni jaranan. Hingga saat ini siapapun orang yang memasuki desa Lumpur maupun Kroman dengan mengenakan baju atau fashion bergambar Naga harus dilepas/ telanjang, karena di katutkan hal kajadian pada waktu lampauterulang dalam bentuk berbeda.  by(anasarrosyidh)

Alur Pementasan
Di awali dengan pemeran cingur dowo yang melakukan tarian serta akrobatik
lalu datanglah sepasang macan memeragakan jurus pencak dan hingga pada akhirnya bertarung dengan seorang pendekar, di saat pertarungan sang pendekarn antara si macan datanglah kera dengan jurus pencak kera-nya dan si genderuwo dengan jurus pencak genderuwo-nya yang menggagu  sebuah perkelahian tadi hingga pada akhirnya si macan dapat di lumpuhkan oleh pendekar.

Alat Musik
Alat musik yang di gunakan pada umunya pencak macan tempo dulu adalah beberapa rebana juga jidor, namun ada juga yang menggunakan kendang dan beberapa alat musik hadrah, sebelumnya Pencak Macan adalah sebuah perkumpulan group antar pencak silatpada kala itu seperti, Pagar Nusa, Bongkar duabelas, panjang jiwo, Dll untuk unjuk kebolehan serta bertarung antar perguruan dengan jurus pencak masing-masing.
Sekarang ini alat musik pencak macan berupa kendang, gambang, kenong kuning, dan gong hitam panaragan.

Tokoh (Topeng)
1. Macanan, dibuat dari kertas yang dicampuri kanji dan di bentuk seperti harimau,dengan kostum bermotif harimau.
2. Bedhes/ kera dengan menggunakan topeng kera dan berpakain satu warna hitam / abu-abu
3. Genderuwo dengan wajah topeng yang menyeramkan serta membawa pedang besar terbuat dari kayu
3. Cingur dowo yang pada biasanya bentuk topeng lebih mirip topeng ganongan
5. Para pendekar dengan pakain serba hitam atau biasanya berpakain seperti tarzan
6. Bajul/ naga Cepaplok tokoh naga yang di hilangkan.

Fungsi
Biasanya Pencak Macan di gunakan untuk mengarak/ mengiringi  baru pada acara pernikahan namun pada dulunya pencak macan di gunakan sebagai media pengumpul masa pada tiap-tiap perguruan pencak silat untuk menarik masyarakat menjadi anggota baru dan kegagahan. Namun di masa sekarang ini Pencak macan Difungsikan sebagai pengiring acara formal, seperti acara peresmian pada dinas, promosi wisata serta pengiring Bupati. by(anasarrosyidh)

Kesamaan dengan budaya lain
kesenian semacam Pencak macan ini tidak hanya ditemukan di desa Lumpur saja, melainkan di daerah Gresik lainnya juga ada seperti, Bungah, Ujung Pangkah, Dukun, serta Sidayu yang pada kala itu menjadi pusat pencak asal Gresik gaya sedayu-an. Di daerah tersebut kesenian sejenis pencak macan lebih dikenal dengan nama MACANAN dan tidak berasalkan dari desa Lumpur. Pementasan Macanan berada diatas panggung Ring seperti arena tinju, dimana para pesilat akan bertarung dengan manusia yang memakai kostum macan/ harimau, kera, bahkan genderuwo hal semacam ini di daerah komonitas jawa mataraman/ kulonan di namakan Pencak Dor.
seni bantengan

Kesenian Bantengan adalah sebuah kesenian yang dapat dikatakan mirip dengan  Pencak macan, bedanya Bantengan adalah tokoh utama dari kesenian tersebut, sedangkan tokoh lain seperti Macan, Kera, serta Pendekar melawan pada banteng yang mengamuk. Kesenian Bantengan yang juga terkenal dan di promosikan oleh dinas pariwisata Jawa timur ini salah satu penyebab hilangnya semangat kaum muda lumpur untuk melestarikan Pencak Macan, karena di takutkan Pencak Macan selama ini mengKlaim/mencuri budaya dari kesenian Bantengan yang jumlah group lebih banyak.  by(anasarrosyidh)

Pencak macan sekarang dan kedepan
Pencak macan sekarang sangat memprihatinkan, dikarenakan Generasi Muda Gresik terutama dari desa lumpur sebagai pewaris utama Pencak macan Enggan melesatarikan kesenian ini, selain di nilai primitif, Pencak macan Masih kalah Pamor di mata Masyarakat Gresik dengan Kesenian Luar Gresik seperti Jaran kepang, bahkan Reog Ponorogo yang lebih menarik secara koreografi dan atraksinyanya sehingga dicap percumah bila melestarikan pencak macan.
Belum lagi sudah lama Reog Ponorogo sebagai group seni binaan perusahaan pabrik ternama seperti "reog pudak arum" milik Pt.Semen Gresik dan "reog barong samudro" milik Pt. Petrokimia Gresik sebagai sarana promosi, lalu kenapa tidak mengadopsi pencak macan???
Selain itu para petua kesenian Pencak Macan hanya tinggal beberapa saja. dan bahkan Group Pencak Macan saat ini sangat sedikit dan langka bila di cari dengan para pemain yang lebih banyak berprofesi sebagai Nelayan.

Saat ini sudah ada beberapa sekolahan yang menjadikan Pencak Macan Sebagai Ekstrakurikulernya. sehingga masih terdapat puing-puing pelajar yang mau melestarikan Pencak macan walau hanya sebuah tari buka pencak di masa mereka tinggal di sekolah tersebut, bahkan ada group pencak macan yan diadopsi oleh Polres Gresik namun nilai orisinil dari Pencak Macan berkurang dari gerakan serta aksesoris yang di gunakan pendekar seperti Warok pada kesnian Reog.

Untuk menggairahkan para pelestari pencak macan lebih bersemangat, Kelurahan Lumpur-Gresik mengadakan Lomba pencak macan antar RT maupun RW

Bagaimana pun juga, Warga Gresik Boleh berbangga terutama Warga desa Lumpur, karena mempunyai sebuah Kesenian Pencak Macan yang masih bertahan walau di gerus zaman dan serbuan budaya dari luar Gresik, namun apakah nantinya hanya bisa bercerita??

Foto-Foto:


pendekar versus macan putih

macan versus banteng

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

html reog ponorogo kesenian {B}asli{I}indonesia{A}

Followers