dwonload lagu terbaru?

Sabtu, 18 Februari 2012

ponorogo on action movie

               Perlu di ketahui sebelumnya : semua film yang menyangkut nama ponorogo, di situ pasti terdapat sebuah pertunjukan kesenian asli ponorogo, namanya kesenian reyog ponorogo ( reog ) di sele- sela jeda durasi filmnya. setidaknya dari film jadul 1978 ini hingga sekarang, saya ringkas, dan saya temukan sesuai berikut.

1. warok
   1978 (berwana- 88 menit)
    prd: ppfn (padma t astradiningrat sumadi), std: asep sapari. pem: jodi sri murtono, tatiek darwanti
    Darso, tenaga sukarela BUTSI, mendapat tugas menjadi guru di jawa timur. Dia agak cemas, karena budaya warok- warokan, seperti cerita temannya. Dalam suatu pesta rakyat, Darso bertemu dengan Harno, kawan lamanya yang punya tugas sama. Darso kemudian terpikat sumi. cintanya terhambat Kayin, seorang gembong warok yang ingin mempersunting sumi. Dalam perkelahian antara darso dan kayin/ muncul mbah Singo, tokoh tua yang di segani para Warok. mbah Singo melerai perkelahian saat darso dalam keadaan kritis. Ternyata semua hanya mimpi Darso.

2. singa lodaya
     1978 (berwana)
      prd: inkopol unit bhara film, std:Yudhi dh, soeparmin, pem: ami jaya s, naryo hadi, wd mochtar, pipiet sandra, soeyadi anata yudha, subagio ek, soechemi, soeyitno, fachrul rozy, haryanto.
      Kisah sebuah pasukan MOBRIG (mobile bridge) saat perjuang kemerdekaan melawan penjajah belanda dan penumpasan pemberontakan pki muso di madiun 1948. Dalam pasukan itu terselip kisah dendam kasim dan Mujo yang di juluki singa lodaya. Mujo adlah seorang Warok yang pernah berambisi jadi warok di atas para warok. ia jatuh cinta habis pada istri Gembong, warok yang sudah mengundurkan diri.Trjadilah pertarungan antara Singa Lodaya dan Gembong, yang berakhir tewasnya Gembong dan di saksikan anaknya lelakinya yang masih kecil yang bernama kasim. sejak itu dia bersumpah tidak akan kawin. Kasim yang sudah besar dan berada dalam satu pasukan itu, melihat cacat pada tangan Mujo, hingga suatu saat menantang berkelahi. Duel terhenti oleh datangnya kawan- kawan seperjuangan. Apalagi kemdian salah satu komandan yang tahu kisah Mujo, menceritakan kejadian sebenarnya pada Kasim, keduanya dalam peperangan dalam peperangan,

3. warok singo kobra 
    1982 (berwarna- 95 menit)

4.  warok suro menggolo ( suromenggolo )



5. asal usul reyog / reog ponorogo
   
6. asal usul reyog / reog ponorogo ( suro menggolo v.s siman )
 
7. asal usul reyog / reog ponorogo

8. warok ponorogo

9. asal usul telaga ngebel

10. batoro katong dan reog ponorogo













11. ronaldowati episode 77 ( reog ponorogo )
       PH : Rapi Film
Pemain : Nona Than Sakinah, Delima Pilong, Baron YS, Agus Kuncoro, Tommy Kaganangan, Imas Tamborin, Adis, Alhan , Anne Rara.

ImageWati Cs sedang asyik menikmati pentas Reog ponorogo yang digelar dikampung mereka. Pak Heru selaku pimpinan Reog ponorogo terlihat memberikan perintah ke anak buahnya. Ditengah-tengah keramaian acara pentas Reog Ponorogo, terlihat seseorang menjahili topeng singa Barong yang akan digunakan puncak acara. Akibatnya terjadi kekacauan di arena pentas kesenian tersebut. Wati Cs yang melihat kekacauan itu berusaha untuk mengatasinya, akibat kejadian itu penonton merasa khawatir dan meninggalkan pertunjukan itu. Setelah itu Pak Heru baru tahu penyebab kekacauan karena adanya seekor ulat bulu yang mengganggu pemain mereka. Wati Cs mengutarakan niat mereka untuk bisa bermain dalam pertunjukan Reog Ponorogo, namun Pak Heru yang telah putus asa tidak bisa mengabulkan keinginan Wati Cs.

Tanpa diketahui Pak Heru dan Wati Cs, ada salah satu anak buah Pak Heru yang memperhatikan mereka. Wati Cs gembira ketika Pak Heru memberi kesempatan melatih Wati Cs untuk tampil di pertunjukkan terakhir mereka. Ketika akan berlatih Wati Cs diprotes oleh Karta, salah satu anggota pemain Reog. Namun Wati cs dengan keahliannya dapat menunjukkan kalau mereka dapat mengikuti latihan Reog tersebut, hal itu terlihat tidak disukai oleh Karta. Ada seseorang yang terlihat mencurigakan dan mengunci salah satu pemain Reog di sebuah toilet. Sosok misterius mulai menyerang Wati Cs dengan menutupi wajahnya dengan topng. Wati Cs yang merasa lelaki bertopeng itu sudah keterlaluan, ingin membalasnya. Gerakan lelaki yang menggunakan topeng Singa Barong merasa kewalahan menghadapi serangan Wati Cs.

Pak Heru dan Wati Cs kaget mengetahui lelaki yang menggunakan topeng Singa Garong mulai menyerang mereka dengan senjata tersembunyi. Pak Heru menanyakan Karta dan Joko yang ditugaskan memegang topeng Singa Garong, namun mereka semua memiliki alibi. Wati Cs mulai mencurigai adanya keterlibatan orang dalam untuk menjatuhkan sanggar Reog milik Pak Heru. Wati Cs menyelidiki Karta, Wati Cs melihat sesosok misterius memasuki ruang kostum dan membakarnya. Berkat bantuan salah seorang rombongan sanggar, Paijo, Wati berhasil meringkus Karta yang mereka curigai. Disaat pentas, ternyata justru Paijo melakukan aksi diluar perkiraan Wati Cs. Paijo membuat Joko pingsan dan telah menghasut Karta sebagai pelaku kejahatan.

12. dunia lain ( spesial reog ponorogo )

13. ketoprak warok suromenggolo
  Paguyuban puspo budoyo, radio republika indonesia.
       Dipati Trenggalek memberikan ganjaran (hadiah) kepada Ki Secodarmo (Gunoseco) dan kerabat serta murid-muridnya karena berhasil menumpas dan mengusir para perampok yang selalu mengganggu ketentraman kadipaten Trenggalek. Bahakn anak Ki Secodarmo yang bernama Roro Suminten akan dijadikan menantu, dipersandingkan dengan putra Sang Dipati yang bernama Raden Subroto.
Tetapi, diam-diam Raden Subroto menghilang dari  kadipaten karena dia tidak bersedia menjalani perkawinan dengan Roro Suminten. Akibatnya, Ki Secodarmo dan kerabat yang telah menyiapkan pesta perkawinan sangat terpukul, bahkan Roro Suminten, calon pengantin  menjadi gila…
Dalam perjalanannya, Raden Subroto bertemu dengan Roro Warsiyani (Cempluk), anak Ki Suromenggolo, Warok Desa Ngampal keduanya pun saling jatuh cinta. Ki Suromenggolo senang menerima lamaran Raden Subroto, kemudian eduanya dipersandingkan menjadi suami isteri. Selajutnya, pengantin Subroto dan Cempluk boyong ke kadipaten Trenggalek
        Dalam acara pesta penyambutan, Roro Suminten yang gila dating dan ikut menari kegirangan. Semua orang melihat, tapi tak ada yang mengenalinya sebagai Roro Suminten.
Saat  itu Warok Singo Korba, adik seperguruan Secodarmo dan Suromenggolo mendekati Cempluk, Singo Kobra menganggap Cempluk sebagai  penyebab gagalnya perkawinan dan gilanya Suminten. Lalu Singo Kobra menusuk pinggang  Cempluk dengan kerisnya. Cempluk menjerit dan Geger alun-alun, Singo Kobra membawa  Suminten.
Cempluk dapat disembuhkan oleh Suromenggolo dengan Pusaka RuyungBang, pemberian Sang Batara Katong, gurunya. Kemudian Suromenggolo mengejar Singo Kobra dan bertemu dengan  Secodarmo. Keduanya  berkelahi sampai Secodarmo mati terkana pusaka Suromenggolo yang bernama Ki Naga Sasar.
Singo Kobra melawan Suromenggolo, sampai Singo Kobra mati terkena pusaknya sendiri yang bernama Naga Rejeng. Suminten disembuhkan  oleh Suromenggolo dan menjadi isteri kedua Raden Subroto.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

html reog ponorogo kesenian {B}asli{I}indonesia{A}

Followers